MISHAL

Selasa, 04 Januari 2011

Kinerja Pendidik dalam Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Penelitian adalah suatu penyelidikan atau suatu usaha pengujian yang dilakukan secara teliti, dan kritis dalam mencari fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan menggunakan langkah-langkah tertentu. Dalam mencari fakta-fakta ini diperlukan usaha yang sistematis untuk menemukan jawaban ilmiah terhadap suatu masalah. Sedangkan Pengabdian kepada masyarakat diartikan sebagai pengembangan Ipteks yang dilakukan oleh seseorang baik secara melembaga maupun tidak melembaga melalui metode ilmiah langsung kepada masyarakat (di luar kampus yang tidak terjangkau oleh program pendidikan formal) yang membutuhkannya dalam upaya menyukseskan pembangunan dan mengembangkan manusia pembangunan.

Pengabdian pendidik pada masyarakat dikembangkan dalam bentuk-bentuk sebagai berikut

a. Pendidikan kepada masyarakat

b. Pelayanan kepada masyarakat

c. Pengembangan wilayah

d. Kajian Tindak ( Action reseach )

Peran Dosen Dalam Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Dosen di Perguruan Tinggi selain mengajar mahasiswa, harus terus mengembangkan ilmunya melalui penelitian, dan menerapkan hasil penelitian tersebut melalui pengabdian pada masyarakat. Berarti seorang dosen harus bertindak sebagai :

1. Pengajar. Dosen bukan hanya menguasai materi, namun juga dapat mengajarkannya pada orang lain dengan metode yang baik. Dosen juga tidak hanya mengajarkan hal – hal keilmuan pada mahasiswa, namun juga sikap – sikap yang benar dalam menempuh kehidupan yang sementara ini.
2. Peneliti. Dosen harus meneliti untuk mengembangkan keilmuannya. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga merupakan bentuk tanggung jawab terhadap pengembangan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Sikap haus belajar dan selalu ingin tahu sangat diperlukan dosen untuk maju dan berkembang. Jadi dengan penelitian, seorang dosen akan memperkaya khasanah ilmu
3. Pelayan masyarakat. Dosen harus mau membumi dengan masyarakat yang membutuhkan bantuan. Sebagai tanggung jawab moral dan sosial terhadap masyarakat, dosen harus mau memberikan ilmu yang ia miliki untuk kepentingan orang banyak, dengan pelayanan masyarakat dosen bisa menjadi penggerak pembangunan.

ΓΌ Prosedur Pelaksanaan Penlitian dan Pengabdian kepada masyarakat

1. Menghasilkan karya penelitian
2. Melaksanakan pengembangan hasil pendidikan dan penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat
3. Memberikan latihan/ penyuluhan/ penataran pada masyarakat melalui seminar atau semacamnya.
4. Memberi pelayanan kepada masyarakat atau kegiatan lain yang menunjang pelaksanaan tugas umum pemerintahan dan pembangunan
5. Membuat/ menulis karya pengabdian kepada masyarakat berupa laporan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) adalah payung institusi bagi Pusat Penelitian (Puslit) dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM). Sebagai lembaga yang menaungi Puslit dan PPM maka LPPM mengemban tugas mengkoordinasi serta mengorganisasi pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, khususnya darma penelitian dan darma pengabdian masyarakat. Disamping itu LPPM juga bergerak dalam lingkup pengembangan manajemen data dan informasi bagi pimpinan Universitas dalam membuat keputusan-keputusan kelembagaan.

Bingkai kerja Pusat Penelitian (Puslit) dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) dalam institusi LPPM adalah sebagai berikut :

· Pusat Penelitian (Puslit) memiliki program-program yang berorientasi pada peningkatan suasana ilmiah dan iklim penelitian. Setiap program Puslit menunjang peningkatan kemampuan dosen dan mahasiswa agar dapat memenuhi tuntutan akselerasi kebutuhan masyarakat. Puslit didukung oleh dosen-dosen yang berkualifikasi peneliti, menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga (khususnya dalam lingkup industri) untuk melakukan berbagai penelitian terapan.

· Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) adalah media praksis (aksi dan refleksi) didalam menjalankan darma Pengabdian Masyarakat. Keseluruhan program-program PPM diorientasikan untuk menerjemahkan kepedulian problem-problem sosial kemasyarakatan. PPM memiliki dua ancangan program pokok, yakni program untuk pengembangan masyarakat (community development) dan pemberdayaan masyarakat (community empowerment).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar