MISHAL

Minggu, 12 Juni 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKN BUDAYA POLITIK


Satuan Pendidikan: MAN 1 KOTA BEKASI
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas /Program : XI/IPA,IPS, Bahasa
Semester : Ganjil
Pertemuan Ke : 6-7 ( 4x45 )

Standar Kompetensi
Menganalisis budaya politik di indonesia
Kompetensi Dasar
1 . Mendeskripsikan pengertian budaya politik
2 . Menganalisis tipe-tipe budaya ploitik yang berkembang dalam masyrakat Indonesia
3 . Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya plitik
4 . Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
Indikator
1. Mendeskripsikan pengertian budaya politik
2.Mengidentifikasi macam-macam budaya politik
3.Menjelaskan faktor penyebab berkembangnya budaya politik didaerahnya

Alokasi Waktu : 1x45




I . Tujuan Pembelajaran
1 . Siswa dapat memahami pengertian budaya politik
2 . Siswa dapat menjelaskan type budaya politik
3 . Siswa dapat menganalisis budaya politik yang ada di indonesia

II . Materi Pembelajaran
1 . Pengertian Budaya Politik
2 . Tipe-tipe budaya Politik
3 . Budaya Politik Indonesia
4 . Pentingnya Sosialisasi Politik dalam Pengembangan Budaya Politik
5 . Menerapkan Budaya Politik Partisipatif
III . Metode
1 . Ceramah Bervariasi
2 . Picture and picture
3 . Video
4 . Think phink share
IV . Langkah-langkah
A . Kegiatan Pembukaan
Salam Pembuka
Apersepsi/Menyapa murid-murid
Berdoa
Memberikan Motivasi/Menanyakan kesiapan siswa dalam belajar
Absensi Siswa
Pengulangan Materi Sebelumnya
Menyampaikan Tujuan Belajar Hari ini / SK dan KD

B . Kegiatan Inti
EKSPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang budaya politik Indonesia dan belajar dari berbagai sumber buku
b. menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain;
c. melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan belajar budaya politik dan
d. memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan mengenai budaya politik indonesia
ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.memberikan tugas , diskusi mengenai budaya politik yang ada di indonesia
b.memberikan siswa dalam memberikan konsep mengenai budaya politik indonesia baik secara lisan maupun tertulis;
c. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak mengenai budaya politik
d. memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e. memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a. guru memberikan umpan balik positif dan penguatan mengenai budaya politik dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa;
b. guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber mengenai budaya politik
c. guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan;
d. memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar mengenai budaya politik indonesia
e.guru berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar dalam belajar budaya demokrasi
f. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh mengenai budaya politik
g. memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

C . Kegiatan Penutup
a. bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;
e. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
f . Berdoa

V . Alat/Media dan Sumber
1 . Buku Paket PKN Kelas XII Penerbit Erlangga
2 . Buku Paket PPN Kelas XII Penerbit Yudistira
3 . LKS
4 . Laptop , LCD dan Internet
VI . Penilaian Hasil Belajar
A . Teknik Penilaian
1 . Penilaian Tes Pertanyaan
2 . Penilaian Partisipatif
3 . Penilaian Tes Tertulis
B . Bentuk Instrumen
1 . Soal Pilihan Ganda ( PG )
2 . Essay
3 . Analisis
C . Pedoman Pen-skoran
1 . PG jika benar nilai nya 1 ( satu ) : 1x10 = 10
2 . Essay jika benar nilainya 2.5 ( dua ) : 2,5x4 = 10
Jumlah : 20
Jumlah : 2 : 20 : 2 = 10
D . Contoh Instrumen
1 . Budaya politik adalah sikap orirntasi warga Negara terhadap system politik dan aneka ragam bagiannya dan sikap terhadap peranan warga Negara di dalam system itu. Hal ini adalah definisi budaya politik menurut :
A . Gabriel Almond dan Sidney Verba B . Marbun
C . Larry Diamond D . Collin E . Almond dan Doweel
2 . orientasi kognitif seseorang terhadap system poilitik lebih berkaitan dengan aspek …
A . Sikap B . Pengetahuan
C . Perilaku D . emosi E . Evaluasi

3 . Budaya politik parochial mempunyai cirri sebagai berkut , kecuali
A . Anggota masyrakat tidak menaruh minnat pada politik
B . Terbatas pada wilayah sempit
C . Terdapat pada masyarkat tradisional dan sederhana
D . Mengabaikan adanya pemerintah dan polltik
E . Perhatiannya terhadap system politik rendah
4 . Adanya kesadaran bahwa dirinya sebagai anggota aktif dalam kehidupan plitik adlah merupakan cirri dari budaya poltik ..
A . Parokial B . Subjek
C . Partosipan D . Patronage E . Patriomonalistik
5 . masyrakat jawa terdiri dari tiga sub budaya politik , yaitu santri , abangan dan priyayi . Pandangan ini disampaikan oleh ahli bernama
A . Herbert Feith B . Hildren Geertz
C . Clifford Geertz D . Koejeningrat E. Ben Anderson
6 . Esensi budaya politik bhoneka tunggal ika adalah
A . Toleransi dan tenggang rasa B . Rasa percaya dan permusuhan
C . Kerja sama dan rasa percaya D . Konflik dan Konsesus E . Tenggang rasa dan konflik
7 . Menurut Herbert Feith , dua budaya politik yang dominan di Indonesia adalah
A . Aeistrokasi jawa dan wiraswasta islam B . Sosialisme demokratis dan sosialisme radikal
C . Aristrokasi jawa dan komunisme D . Komunisme dan wiraswarta islam
E . sosialisme radikal dan aristrokasi jawa
8 . Anak-anak pejabat yang menjadi pengusaha besar karena memanfatakan jabatan orang tua mereka dan memperoleh perlakuan istimewa adalah contoh dari budaya politik
A . Partispan B . Parokial
C . Patronage D . Unggul E . Neo Patriomonia
9 . Adanya pemilahan yang tegas antara penguasa dengan rakyat kebanyakan menjadi cirri dari budaya politik Indonesia , yaitu
A . Berkecenderungan patronage B . Berkecenderungan patriomonialistik
C . Mempunyai hirarki yang ketat D . Bhineka tunggal ika
10 . Proses dialogis di antara pemberi dan penerima pesan dengan maksud agar para anggota masyarakat mengenal dan mempelajari nilai-nilai , norma-norma dan symbol-simbol poitik negaranya disebut
A . Sosialisasi Politik B . Pendidkan politik
C . Indoktrinasi politik D . Mobilasasi politik

1 . mengapa budaya politik partisipatif merupakan budaya politik unggul ?
2 . jelaskan pengertian dari budaya politik unggul ?
3 . jelaskan secara singkat cirri-ciri dari sebuah partisipatif yang baik ?
4 . sebutkan paling tidak tiga bentuk penerapan budaya politik patisipatif

Kunci Jawaban
PG
1 . A 6 . A
2 . B 7 . A
3 . D 8 . D
4 . C 9 . C
5 . C 10 . B
Essay
1 . Karena Budaya politik partispan itu tingkat kesadaran pada masyrakat dalam ikut serta atau berperanserta sangat tinggi , hal ini dikarenkan adanya sebuah kepentingan bersama dalam kehidupan selain itu peran masyrakat terhadap politik dan hokum sangat tinggi
2 . adanya partisipasi masyrakat dalam hal kepentingan bersama atau mendukung suksesnya usaha bersama
3 . a . kegiatan atau perilaku luar indivindu warga Negara biasa yang dapat diamati , bukan prilaku batiniah
B . kegiatan diarahkan untuk mempengaruhi pemerintah selaku pembuat dan pelaksana keputusan politik
C . kegiatan mempengaruhi pemerintah dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung
4 . mengikuti PEMILU , Demonstrasi dan kampanye

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar